Adab Memasuki dan Doa Masuk Masjid Dalam Islam

Membaca doa dalam setiap hal yang akan dilakukan adalah suatu hal baik yang dianjurkan dalam agama Islam. Hal positif seperti ini selalu diajarkan sejak kecil. Salah satunya adalah membaca Doa Masuk Masjid. Masjid sebagai tempat ibadah dan disucikan oleh umat Islam tentu terdapat tata cara adat tersendiri saat memasukinya.

Bacaan Doa Saat Masuk Masjid

Doa adalah kata kata baik yang kita ucapkan sehingga akan mendatangkan hal yang positif juga. Membaca doa dalam Islam adalah hal yang selalu dilakukan dalam setiap kegiatan. Salah satunya adalah masuk ke dalam tempat ibadah seperti Masjid. Selain membaca doa, akan lebih baik bila kita memahami apa arti doa tersebut.

Bacaan doa saat memasuki masjid yang bisa dibaca adalah “Allahummaftahlii abwaaba rahmatika”. Doa tersebut mempunyai arti "Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.Bacaan doa singkat tersebut bisa dibaca dengan cepat dan mudah untuk diingat sebelum memasuki tempat ibadah yaitu masjid.

Doa singkat tersebut juga ada yang berupa versi lengkapnya. Doa masuk masjid yang panjang ini adalah “Bismillah wash shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik”. Arti dari doa tersebut adalah "Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."

Selalu menjaga tata krama dan sopan santun adalah inti dari ajaran Islam satu ini. Berdoa dalam segala hal yang akan kita lakukan. Kebiasaan yang diajarkan sejak dini ini akan memberikan dampak positif bagi pembentukan mental anak tanpa disadari. Hal positif seperti ini harus kita jaga dan lakukan agar menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari. Ulasan tentang doa lainnya bisa dilihat di https://arraziibrahim.com/.