Ga kalah enak sama restoran, berikut cara bikin ayam geprek enak dan lezat

Ayam geprek kini menjadi salah satu menu yang semakin digemari dan disukai masyarakat umum. Tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan keinginan, rasa ayam yang gurih dan beraroma menjadi kunci kelezatan ayam geprek itu sendiri. Cara pembuatannya cukup sederhana, dan bahkan anda bisa mencobanya dirumah. Yuk intip cara bikin ayam geprek berikut

Bahan yang harus disiapkan

Siapkan bahan bahan berupa ayam potong, 1 butir telur, 250 gram tepung terigu segitiga, 500 gram tepung terigu cakra, 5 sdm maizena, dan 6 siung bawang putih cincang. Kemudian, anda perlu menyiapkan jeruk nipis secukupnya, ¼ sdt lada bubuk, 1 sdt baking powder, ½ sdt penyedap jamur dan 1 sdt garam.

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan 1 sdm saus tiram, ½ sdt gula, dan air es secukupnya. Untuk bahan sambel, diperlukan 20 butir cabe rawit, 10 butir cabe merah, 2 siung bawang putih, garam, penyedap, gula, dan minyak sayur secukupnya. Setelah bahan terkumpul, anda bisa langsung masuk ke tahap pembuatannya

Proses Pembuatan

Berikan perasan jeruk nipis dan garam pada potongan ayam. Lumuri ayam dengan adonan tepung basah yaitu tepung terigu, telur, air es. Kemudian ke adonan kering yang berisi tepung cakra, maizena, lada bubuk, bawang putih cincang baking powder, garam dan penyedap. Kemudian goreng hingga matang dan tiriskan.

Untuk membuat sambal, blender semua bahan dengan hasil yang sedikit kasar. Pindahkan ke wadah. Kemudian panaskan minyak goreng bekas gorengan ayam. Jika sudah benar-benar panas, tuangkan ke wadah yang sudah berisi sambel. Aduk hingga tercampur secara merata. Siapkan ayam di piring, dengan sedikit ditekan dan siramkan sambal diatasnya.