Cara Meredakan Sakit Gigi Berlubang Dengan Air Garam dan Kompres Dingin

Sakit gigi merupakan gejala yang paling umum terjadi pada kita semua dan juga menjadi sangat menyakitkan jika tidak sempat ke dokter.  Berikut ini ada beberapa cara meredakan sakit gigi di rumah dari bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Cara meredakan sakit gigi dengan air garam

Larutan garan steril ( larutan NaCL ) dianggap sebagai obat ajaib untuk membantu secara efektif meredakan sakit gigi .

Bahan anti bakteri alami yang terapa di dalam garam laut bisa membantu meredakan gejala sakit gigi dan membunuh beberapa bakteri penyebab peradangan pada gusi. Selain itu, garam laut juga mengandung lebih dari 60 jenis mineral yang bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan efektif.

Cara berkumur dengan air garam:

  • Ambil 1 sendok teh garam

  • Masukkan garam ke dalam segelas air hangat, cicipi sampai rasanya pas dan tidak terlalu asin

  • Kumurlah seteguk air garam beberapa kali sampai gelas kosong

Kamu juga bisa membeli larutan garam steril yang dijual di toko obat atau apotik dengan konsentrasi yang tepat untuk membantu kamu berkumur setiap hari. Walaupun tidak sedang sakit gigi untuk menjaga mulut dan gigi tetap bersih dan sehat.

cara mengobati sakit gigi dengan handuk dingin

Salah satu cara meredakan sakit gigi paling efektif dan nyeri saat gigi yang diakibatkan oleh tumbuh gigi adalah melakukan kompres dingin.

Namun, kompres dingin hanya efektif untuk kasus peradangan akut pada gusi, sehingga kamu perlu mengunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebabnya jika kamu ingin rasa sakitnya hilang dan tidak kembali lagi.

Cara mengoleskan kompres dingin yang benar untuk meredakan sakit gigi :

  • Masukkan es batu ke dalam kantong kain atau handuk bersih, jangan langsung gunakan es langsung ke gigi atau gusi karena bisa menyebabkan luka bakar dingin.

  • Oleskan kompres dingin pada bagian luar pipi atau pada area yang mengalami iritasi selama kurang lebih 20 menit, perhatikan kamu tidak boleh langsung mengoleskan pada area yang nyeri.

  • Ulangi selama 4 jam hingga 6 jam